Pengertian dan 13 Cara Ampuh Mengatasi Bounce Rate





Anda mungkin masih belum mengenal apa yang disebut bounce rate, dari kata bounce dapat kita artikan sebagai pantulan atau pentalan. Kita sebagai blogger perlu mengetahui apa sih bounce rate itu dengan baik karena efek dari baunce rate sangat memperngaruhi traffik dan ranking sebuah blog.

Pengertian Bounce Rate

  Bounce rate adalah rasio jumlah pengunjung yang hanya membuka satu halaman saja pada blog yang Anda miliki tanpa membaca artikel lainnya. Bounce rate dihitung menggunakan rumus sebagai berikut.
  Bounce rate = (Jumlah pengunjung yang hanya membuka satu halaman blog/Jumlah kunjungan total) x 100%.
    Misalnya dalam satu bulan blog Anda memiliki jumlah kunjungan total sebanyak 30.000, sedangkan kunjungan pembaca yang hanya membuka satu halaman saja sebanyak 1.000. Dengan demikian, bounce rate dari blog Anda sebesar (1.000/30.000)x100%= 3,33%.

Semakin besar bounce rate yang dimiliki sebuah blog maka kinerja blog tersebut akan semakin buruk, sedangkan semakin kecil bounce rate pada sebuah blog maka kinerja blog tersebut akan semakin baik.
    Agar kinerja blog semakin baik, Anda dapat mematok 20% sebagai nilai bounce rate maksimal pada blog. 

Pengaruh Bounce Rate pada blog

     Lalu kenapa kita perlu menurunkankan persentase bounce rate? dan bagaimana caranya? Sekilas info saja, bounce rate adalah salah satu index terutama yang digunakan google panda dalam menentukan pagerank suatu blog. Begitu juga bagi alexa rank, tingkat bounce rate sangat menentukan dan paling utama yang digunakan oleh alexa rank didalam menentukan ranking suatu blog.

Penyebab Bounce Rate

    Presentase Baunce rate yang tinggi bisa terjadi akibat sesuatu hal yang menyebabkan menurunnya jumlah pageview, seperti:
  • pengunjung menklik tombol close tab
  • pengunjung menklik salah satu link external pada artikel
  • menklik tombol back pada browser
  • blog yang lambat dan tidak responsive
  • pengunjung mengetikan alamat url yang baru pada browser

Cara Mengetahui Tingkat Bounce Rate


   Untuk menghitung presentase tingkat bounce rate dengan maksimal bisa menggunakan tools analaytic yaitu google analitic, jika anda belum mendaftar silakan segera mendaftar di Google Analitycs

Tips Mengatasi Bounce Rate

Berikut 8 cara menurunkan bounce rate suatu blog:

1. Tulis artikel yang menarik dan berkualitas.
Menulis artikel yang banyak di cari adalah kunci utama. Gunakan bahasa singkat padat dan dimengerti minimal setiap artikel yang sobat buat harus memilik 400  kata atau lebih.
  1. Buat 2-3 paragraf
  2. Beri bolditalic, dan underline untuk kata-kata yang berarti penting
  3. Sisipkan gambar pada artikel
Baca artikel Bagaimana menulis post yang berkualitas agar lebih paham.

2. Tambahkan Gambar atau Video untuk mensupport isi posting
Gunakan gambar atau foto atau bahkan bila perlu pasang you tube agar menarik perhatian visitor dan bertahan bahkan membuka halaman lain. Asal jangan pasang film "begituan" aja.

3. Variasi artikel yang anda tulis. 

Sekedar info, blog campuran alias "gado-gado" mampu menjaring dan menurunkan bounce rate. Tapi perlu trik khusus agar tidak mengganggu niche blog. Karena niche suatu blog juga mempengaruhi pagerank.
4. Gunakan widget related post 
Lebih baik lagi kalau bergambar seperti "you might also like" di bawah, widget best comentators, random post, popular post atau widget lain yang mengarah kepada suatu artikel yang menarik bagi pengunjung. Di blog ini terdapat 2 variasi related post yang terletak di bawah posting dan di sidebar. Bila perlu, random post yang ditampilkan hingga 10 artikel. Jangan cuma 3 artikel saja.

Baca artikel ini : Cara Membuat Related Post dengan List View atau  cara memasang widget related post  linkwithin dan cara memperbagus desain linkwithin

5. Gunakan "read more". 
Barisan kalimat pembuka yang menarik dan ditutup oleh read more akan menggoda seseorang untuk membuka artikel lain yang ada di suatu situs.

6. Gunakan "target=_blank".
 Jika seluruh url di blog atau situs kita dibawa ke tab baru, maka selain menambah jumlah pageview juga akan menahan artikel sebelumnya tetap terbuka. Biasanya seseorang baru akan menutup jika tab halaman yang terbuka sudah kebanyakan atau kalau memang akan meninggalkan situs. Hal ini akan menambah keuntungan untuk menurunkan bounce rate secara langsung.

7. Perbanyak jumlah artikel. 
Hal ini akan membuat betah pengunjung karena semua yang dibutuhkan ada dalam satu situs yang dia kunjungi.

8. Persingkat "loading blog". 
Biar bagaimanapun saat suatu situs dibuka dan butuh waktu lama, akan membuat orang malas kembali lagi. Bahkan bisa saja menutup situs sebelum terbuka seluruhnya karena loading time yang lama untuk membukanya. Sebuah riset online menunjukan bahwa sebagian besar pengguna internet tidak akan menungu blog yang waktu loadingnya lebih dari 4 detik, dengan kata lain pengunjung akan langsung kabur sebelum melihat posting atau setelah melihat artikel. Baca artikel ini untuk solusinya :
9. Optimasi gambar
Setelah menyisipkan gambar pada artikel agar mebuat artikel lebih menarik hal selanjutnya yang sangat penting setelah upload gambar adalah optimasi gambar.
10. Membuat navigasi blog
Pengunjung yang meninggalkan posting blog tanpa melihat postingan yang lain juga diakibatkan oleh blog yang tidak memiliki navigasi yang tidak jelas, dengan membuat navigasi jelas akan dijamin akan menigkatkan jumlah pageviws dan akan menurunkan angka bounce rate.
11. Tata letak desain.
Untuk mendapatkan bounce rate yang baik maka sebuah blog juga harus memiliki tata letak desain yang baik pula. Blog yang memiliki tata letak rumit dan sulit ditelusuri akan membuat pembacanya malas menjelajah isi blog dan memilih untuk segera meninggalkannya.

12. External linking.
Semakin banyak internal linking pada blog maka bisa dipastikan bounce rate pada blog tersebut akan semakin kecil. Hal ini disebabkan pembaca diberikan kemudahan untuk mengunjungi halaman lain dalam blog tersebut sehingga setiap halaman dalam sebuah blog dapat terhubung dengan baik. Misalnya pembaca sedang membaca konten blog Anda yang berjudul cara membuat label breadcrumb terindex google. Nah, pada halaman tersebut Anda sisipkan link yang mengarah pada halaman Tips Agar Blog Kebanjiran Pengunjung Jika pembaca tertarik dengan topik pada halaman Tips Agar Blog Kebanjiran Pengunjung. dan kemudian mengunjunginya maka bounce rate dari blog Anda tersebut akan semakin kecil. Anda dapat menggunakan link pada postingan, related post, recent post, dan popular post untuk membangun external linking.

13. Internal link
Berbanding terbalik dengan external link, internal link memiliki link yang menuju ke postingan yang sedang dibaca atau anda juga bisa memasangkan link dipostingan tersebut ke homepage.

Last Words

Jadi kesimpulannya, tingkat bounce rate mempengaruhi tingkat rangking blog, baik itu page rank atau google page. Jadi kurangi nilai bounce rate pada blog akan mempengaruhi rangking blog anda. Sekian post tentang Pengertian dan 13 Cara Ampuh Mengatasi Bounce RateJangan lupa membaca post saya yang lainnya dengan membaca DAFTAR ISI. Maaf bila ada salah-salah kata dan semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi anda :)






Artikel Menarik Lainnya :



36 comments

avatar
08 May, 2013

Makasih gan infonya sangat bermanfaat sekali untuk saya.. memang bener gan maka dari itu kita harus selalu membuat artikel yang menarik dan berguna menjadi sebuah informasi yang penting bagi pembacanya.....

BalasHapus
avatar
08 May, 2013

@Ahmad Roqib like it gan.. thanks atas kunjungannya..

BalasHapus
avatar
08 May, 2013

trimakasih atas kunjungannya. sama2 sob smoga bermanfaat

BalasHapus
avatar
08 May, 2013

keren lengkap tutorialnya..
Kunjungan Malam Sobat...

BalasHapus
avatar
yoyo suharyo Author
09 May, 2013

@Saiful Anas sip kang terimakasih atas kunjungan malamnya.. :-q

BalasHapus
avatar
Anonymous
15 May, 2013

artikel yang bagus gan :D, btw ada beberapa sisipan kata-kata dari blog saya hehe gak apa-apa gan ilmu itu emang harus dibagikan asal hanya mengutip beberapa patah kalimat dari blog dan tidak mencopas mentah-mentah

happy blogging :D

BalasHapus
avatar
17 May, 2013

tambahan, bisa share video youtube di blog agar pengunjung betah berlama2 di blog sehingga nilai bounce rte blog pun akan ikut membaik...

BalasHapus
avatar
17 May, 2013

widih..
banyak juga yg harus diperhatikan ya..

BalasHapus
avatar
yoyo suharyo Author
17 May, 2013

@Rina :D itu sudah saya tambahkan di point ke 2 gan. btw terimakasih atas kunjungannya

BalasHapus
avatar
yoyo suharyo Author
17 May, 2013

@SAKE XP bener banget gan, perlu kerja keras untuk dapat hasil yang bagus

BalasHapus
avatar
Anonymous
31 May, 2013

perlu dicoba juga nih , langsung sikat aja , hehehe

BalasHapus
avatar
03 June, 2013

Mantap infonya gan....
izin coba n di tunggu kunjungannya......

BalasHapus
avatar
03 June, 2013

bagus nih reviewnya.lanjutkan berkarya sob

BalasHapus
avatar
11 June, 2013

wah makasih gan atas infonya, ternyata saya terkena bounce rate saya kira blog saya kemakan google Panda.. hehe

BalasHapus
avatar
28 June, 2013

tHANKS YA SUDAH BERBAGI , SAngat bermanfaat soalnya .

BalasHapus
avatar
Anonymous
02 July, 2013

bounce rate blog ane sampe 60% om :(

BalasHapus
avatar
yoyo suharyo Author
02 July, 2013

itu masih mending gan, saya 80% kalo di google analytic, tapi kalo di alexa hanya 50%..

BalasHapus
avatar
Anonymous
08 July, 2013

trimakasih sob pnjlasannya ttg pngertian bounce rate :)
saya lupa klo ratenya tinggi itu smakin baik apa buruk..
trnyata smakin buruk, n bounce rare blog saya 47%, brrt udah lumayan baik coz g di atas 50%..
-keep blogging-

BalasHapus
avatar
Anonymous
14 July, 2013

Ilustrasi yang bagus, berapa bounce-rate blog anda ini .. ? Berdasarkan pengamatan saya sebesar 56,20 % (sumber : Alexa.com). Bagaimana ini mas bro ? Apakah termasuk masih baik ? Salam kenal, happy blogging

BalasHapus
avatar
Anonymous
15 July, 2013

Alexa.com juga dapat dipergunakan untuk mendeteksi prosentase bounce rate
Salam

BalasHapus
avatar
yoyo suharyo Author
16 July, 2013

itu sih jelek gan.. haha blog saya artikelnya baru sedikit dan tidak menarik sih.. jadi bounce ratenya tinggi.. haha

BalasHapus
avatar
29 July, 2013

Gan, blog saya yang MIN 2 TANJUNGBALAI, belakangan ini terasa berat kalau dibuka. Saya berpikir mungkin TEMPLATE nya yang gak SEO.

Mohon tunjuk ajar gan, apa yang sebaiknya harus saya lakukan?
Dan TEMPLATE SEO yang mana yang sebaiknya saya gunakan?

BalasHapus
avatar
yoyo suharyo Author
31 July, 2013

kalo SEO itu (search enggine optimization) adalah mengoptimalkan blog dan artikelnya supaya muncul di halaman pertama google. tidak ngaruh sama loading blog.

kalo template banyak tersedia. tinggal di search aja di google. cari template responsive, fast load. Kalo masalah SEO tinggal agan optimalkan sendiri juga bisa.

BalasHapus
avatar
31 July, 2013

Terimakasih masukannya gan.., Hehehehee,maklum msh pemula.
Jujur saya banyak belajar dari blog ini.

BalasHapus
avatar
Anonymous
13 August, 2013

Sungguh penjelasan yang sangat jelas mas.. saya cek Bounce Rate nya sekitar 33% tapi ngeceknya lewat alexa :) entah itu sudah cukup bagus atau belum..
trimakasih mas atas share artikelnya.

BalasHapus
avatar
Anonymous
01 September, 2013

Artikel yang sangat bermanfaat sekali Mas @Yoyo
Full SEO FRIENDLY.. Idzin simak dan belajar
Agar bounce blog saya terus menurun yah sobat

Salam sukses terus semangat Sobat.
Terima kasih atas artikel SEO nya..
Happy blogging...

BalasHapus
avatar
19 September, 2013

Tips bagus untuk menurunkan persentase bounce rate blog. Terima kasih sharenya.

BalasHapus
avatar
Anonymous
14 December, 2013

saya coba dulu tipsnya gan

BalasHapus
avatar
23 February, 2014

mantap gan, sekarang ane uda paham apa itu bounce rate, walaupun awalnya sempat bingung ketika liat bounce rate blog ane 40% di alexa, awalnya kelihatan keren, tapi setelah baca artikel ini, ternyata blog ane buruk abis -_____-

BalasHapus
avatar
Anonymous
08 December, 2014

Bounce Rate website saya sementara ini msih 9.87% gan :)
saya baru tau tentang ini dari web ini :D gan

BalasHapus
avatar
22 January, 2015

informasi yg sangat bagus, baru tau akan coba dipraktekan.. mks @yoyo

BalasHapus
avatar
24 March, 2015

Mantep sob tutornya, keren :)
http://goo.gl/SIuscX
http://goo.gl/DEVsQv

BalasHapus
avatar
17 October, 2015

Rekomendasi Artikel Terkait dan Akurat ==> http://www.totaltren.com/2015/10/apa-itu-bounce-rate-dan-bagaimana-mengaturnya.html

BalasHapus
avatar
21 May, 2016

Terima kasih ya gan, jangan lupa mampir ke jendeladunianeo.blogspot.co.id
matadunia21.blogspot.co.id

BalasHapus
avatar
13 May, 2017

I’m not sure where you’re getting your information, but good topic. I need to spend some time learning more or understanding more.

SEO Company in Chennai

SEO Company in India

Digital Marketing Company in Chennai

Digital Marketing Company in India

BalasHapus
avatar
24 May, 2017

wah sangat bermanfaat .. bounce rate artikel saya sampe 65 % perhari.. apa mungkin pengunjung hanya membaca artikel yang di butuhkan, menyebabkan bounce rate..?

BalasHapus