Rusia Membangun Pusat Penelitian Nuklir di Kalimantan Timur


Badan pemanfaatan energi nuklir asal Rusia, Rosatom, menyatakan siap membangun pusat pengembangan nuklir untuk kebutuhan sains dan industri di Kawasan Industri Buluminung di Kalimantan Timur.

Menurut Wakil Bupati Penajam Paser Utara Mustaqim M.Z., Rosatom sudah bertemu dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur dan menyatakan kesungguhannya untuk membangun pusat nuklir.

“Pemprov sudah beberapa kali mengadakan pertemuan dengan Rosatom untuk memantapkan rencana pembangunan pusat penelitian nuklir. Pusat nuklir itu diberi nama The Buluminung Nuclear Industry-Science Techno Park (BNI-STP),” kata sang wakil bupati.
Kawasan Industri Buluminung atau KIB Kabupaten Penajam Paser Utara telah ditetapkan sebagai lokasi pembangunan BNI-STP.

“Pembangunan BNI-STP itu dirancang Pemprov Kaltim bersama Badan Tenaga Nuklir Nasional atau Batan,” jelas Mustaqim pada Kamis (11/5), seperti yang diberitakan Rilis.id.
Menurut Mustaqim, Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara menyediakan lahan seluas 20 hektare untuk pembangunan BNI-STP itu.

“Kami yakin, Kabupaten Penajam Paser Utara di masa depan akan menjadi kawasan industri besar. Memang, saat ini terkendala keuangan, tapi (kami) tetap berusaha untuk memajukan kabupaten,” tambah Mustaqim.


Sumber : 
https://indonesia.rbth.com/news/2017/05/12/bangun-pusat-penelitian-nuklir-di-kaltim-rosatom-kerja-sama-dengan-pemprov_qyx761431


Share this

Related Posts

close