Nama Karakter Dora the Explorer Kartun Animasi



Daftar Nama Karakter Dora the Explorer Kartun Animasi - Siapa tidak kenal dengan Dora the Explorer salah satu serial animasi pendidikan anak populer yang berasal dari Amerika Serikat milik Nickelodeon yang memiliki tokoh utama gadis muda bernama Dora. Ditayangkan sejak tahun 2000 hingga 2019 menjadi 8 season dengan 177 episode, selain itu juga serial ini juga telah dibuat spin-off nya Go, Diego, Go! dan sekuelnya yaitu Dora and Friends: Into the City! serta sebuah film live-action yang berjudul Dora and the Lost City of Gold yang dirilis pada tahun 2019. Di Indonesia serial Dora the Explorer juga pernah ditayangkan di berbagai stasiun televisi swasta yaitu ANTV, Lativi sekarang TVOne, dan GTV.

karakter dora the explorer kartun


Sinopsis Dora the Explorer : menceritakan tentang seorang gadis berusia 7 tahun bernama Dora Marquez yang sangat menyukai petualangan dan menjelajahi tempat-tempat baru. Ia biasanya ditemani oleh seekor monyet yang bisa bicara yang bernama Boots, Ransel yang berisi berbagai jenis barang yang berguna untuk petualangan dan sebuah Peta yang mengetahui tempat yang akan dikunjungi Dora. Selain itu juga terdapat beberapa teman hewan lainnya yang ditemui disepanjang perjalanan. Ditambah setiap episodenya meminta bantuan dari para pemirsa untuk membantu memecahkan teka-teki atau masalah yang dihadapi untuk diselesaikan.

Nah berikut ini adalah beberapa kumpulan daftar nama karakter atau tokoh dalam serial kartun animasi Dora the Explorer lengkap versi blog zonanesia:


1. Dora Márquez

karakter dora the explorer kartun


Dora Marquez atau biasa dipanggil Dora merupakan tokoh utama dalam serial Dora the Explorer, Ia adalah seorang gadis muda Latin heroik sedikit tomboy yang berusia 7 tahun sangat menyukai petualangan ke berbagai tempat baru untuk menemukan sesuatu atau membantu seseorang yang membutuhkan. Ia memiliki kulit sedikit gelap, rambut coklat pendek, mata coklat dan sering ditampilkan mengenakan kaos berwarna merah muda, celana pendek oranye, kaus kaki kuning, dan sepatu warna putih. Dora baik kepada semua karakter yang dia temui, dan ingin membantu semua orang, dan bahkan baik kepada para penjahat. Ia bahkan berhasil melihat kebaikan di Swiper, bahwa dia pikir dia bisa berubah dalam satu episode. Dora memiliki 2 adik kembar yang bernama Guillermo dan Isabella Márquez.


2. Boots

karakter dora the explorer kartun


Boots merupakan teman dan sahabat Dora yang Ia temui diperjalanan, Dora bertemu Boots suatu hari di hutan. Ia adalah seekor monyet muda yang bisa berbicara, berwarna ungu muda dengan perut kuning dan ekor dengan ujung kuning, dan biasanya memakai sepasang sepatu bot merah kesayangannya. Ia adalah monyet yang atletis dan energik, bahkan bisa melakukan serangkaian akrobatik membalik, dan jungkir balik, di sepanjang jalan menuju tujuan mereka. Boots hampir ada bersama Dora di setiap petualangannya, dan selalu membantu Dora memecahkan petunjuk dan teka-teki yang ada. Ia sangat juga suka dengan olahraga bisbol dan satu tim dengan Dora seperti yang diperlihatkan dalam satu episode. 


3. Ransel

karakter dora the explorer kartun


Ransel merupakan teman dan pembantu khusus Dora, Ia adalah sebuah tas punggung ajaib berwarna ungu yang menyediakan apa saja yang dibutuhkan Dora untuk menyelesaikan misinya seperti selotip, teropong, buku, tangga, payung dan lain-lain. Meskipun begitu nantinya penonton akan di minta untuk memilih barang apa yang paling tepat untuk dipilih oleh Dora. Dora Menerima Ransel sebagai hadiah dari orang tuanya. Di sisi sampingnya terdapat kantong yang digunakan menaruh Peta.


4. Peta

karakter dora the explorer kartun


Peta juga merupakan teman dan pembantu khusus Dora, Ia adalah sebuah peta yang bisa berbicara hadir untuk membantu Dora mencari lokasi yang tepat ke tempat tujuantujuan sambil benyanyi rap. Ia biasanya digulung berwarna putih kekuningan dengan bagian dalam biru muda. Peta selau ada di setiap episode karena akan memberitahu Dora tempat di mana semuanya berada.


5. Swiper

karakter dora the explorer kartun


Swiper merupakan tokoh antagonis utama dalam serial Dora the Explorer, Ia adalah seekor rubah berwarna oranye yang licik dan biasanya memakai topeng serta sarung tangan berwarna biru. Ia suka mencuri atau mencoba mencuri barang atau peralatan yang akan digunakan Dora dalam petualangannya kemudian membuangnya atau menyembunyikannya. Swiper sangat cepat, gesit, dan ahli dalam penyamaran serta memiliki banyak pengetahuan teknis. Sebelum kemunculannya Ia selalu bersembunyi dan mengendap-endap supaya tidak diketahui oleh Dora dan kawan-kawan kemudian melakukan aksinya. Agar Swiper tidak melakukan aksinya atau mencegahnya, biasanya Dora dan kawan-kawan mengatakan kalimat "Swiper jangan mencuri!" sebanyak 3 kali. Swiper tinggal di sebuah liang di atas Bukit Blueberry dan untuk masuk, seseorang harus mengatakan "abre", yang berarti "terbuka" dalam bahasa Spanyol.


6. Tico

karakter dora the explorer kartun


Tico merupakan teman Dora yang tinggal di hutan, Ia adalah seekor tupai berwana ungu muda yang biasa menggunakan rompi bergaris warna-warni yang terdiri dari warna oranye, magenta, ungu tua, kapur, dan biru. Ia berusia 4 tahun serta biasanya menggunakan berbahasa Spanyol dalam berbicara. Walaupun masih muda Ia sangat berani dan dapat mengendarai berbagai macam kendaraan misalnya mobil kuning kecil, perahu, bahkan helikopter. Sebelum bertemu Dora Tico sudah lebih dulu berteman dengan Boots.


7. Benny

karakter dora the explorer kartun


Benny juga merupakan teman Dora, Ia adalah seekor banteng biru besar dan biasanya memakai bandana biru dengan bintik-bintik putih di lehernya serta memiliki tanduk kuning kecil, alis kuning tebal, dan seberkas rambut kuning di ekornya. Ia berusia 6 tahun dan dapt berdiri dengan dua kaki, Ia tinggal di gudang merah besar bersama neneknya. Benny adalah penari yang terampil dan menyukai makanan pesta, terutama kue dan es krim.


8. Isa

karakter dora the explorer kartun


Isa juga merupakan teman Dora, Ia adalah seekor iguana betina berwarna hijau dengan banyak duri hijau muda di sepanjang punggung dan ekornya. Ia adalah tukang kebun berbakat, yang tinggal di Taman Bunga dan berusia 6 tahun. Isa pemalu dan pendiam dan dapat dengan mudah menyatu dengan latar belakang, terutama di hutan dan taman seperti miliknya. Warnanya memberinya kemampuan penyamaran alami. Ia sangat pandai bermain petak umpet dan siap memberikan informasi penting yang dibutuhkan Dora dan Boots untuk menyelesaikan perjalanan mereka. Ia suka menghabiskan waktu bersama Boots, yang dia sukai dan kenal jauh sebelum dia bertemu Dora. 


9. Ayam Merah Besar

karakter dora the explorer kartun


Ayam Merah Besar juga merupakan teman Dora, dan mengiranya sebagai sebuah bukit berwarna merah, Ia adalah seekor ayam jantan berwarna merah yang berukuran sangat besar kecuali pada paruh dan kakinya yang berwarna kuning. Ia lucu, suka berlatih trik sulap, selalu siap sedia untuk pesta atau mengadakan pesta, dan bermain permainan karnaval. Pada awalnya Ia adalah seekor ayam yang kecil dan lambat kemudian suatu malam Ia melihat sekumpulan bintang berbentuk seperti ayam besar dan berharap agar dia bisa menjadi besar lalu di pagi hari setelah Ia bangun Ia sudah menjadi besar sebesar rumah. Ia tinggal di Bukit Merah Besar dan suka menari tarian ayam kapan pun dia mau.


10. Troll Tua Pemarah

karakter dora the explorer kartun


Troll Tua Pemarah merupakan tokoh antagonis pada awalnya kemudian lebih baik kepada Dora dan lainnya, Ia adalah sosok makhluk kuning dengan janggut oranye panjang dan kumis oranye. Ia tinggal di bawah jembatan biru, yang sering ditemui Dora dan Boots. Setiap kali mereka mencoba menyeberangi jembatannya, dia akan melompat keluar dan menyanyikan lagu yang memberi tahu mereka bahwa mereka harus menjawab teka-teki atau tantangan lain jika tidak makamereka tidak akan diizinkan menyeberang. Troll Tua Pemarah didasarkan pada troll dari cerita rakyat Norwegia Three Billy Goats Gruff. Perbedaannya adalah troll dalam buku ini memakan siapa saja yang melintasi jembatannya, sedangkan Troll Tua Pemarah memiliki teka-teki untuk menyeberangi jembatannya. Troll Tua Pemarah menikah dengan Troll perempuan bernama Petunia.


11. Trio Fiesta

karakter dora the explorer kartun


Trio Fiesta merupakan karakter hewan yang selalu berkelompok trio yang terdiri dari katak, belalang, dan siput. Setiap kali Dora dan Boots berhasil melewati suatu lokasi atau menyelesaikan petualangan mereka, mereka muncul entah dari mana untuk memberi selamat kepada Dora dan teman-temannya dengan memainkan alat instrumen diikuti dengan drum seperempat nada dan merayakannya. Mereka muncul di hampir setiap episode Dora the Explorer. Siput adalah satu-satunya betina dalam kelompok.


12. Diego Márquez

karakter dora the explorer kartun


Diego Márquez merupakan sepupu Dora. Ia adalah anak laki-laki berusia 8 tahun dan tokoh utama dalam serial Go, Diego, Go!. Diego memiliki kulit cokelat gelap, mata cokelat, dan rambut cokelat. Ia mengenakan kemeja biru tua dengan rompi cokelat, celana pendek kargo hijau, kaus kaki hijau, sepatu cokelat, dan jam tangan perak. Sama seperti Dora, Diego juga suka berpetualang yang tujuannya adalah untuk menyelamatkan dan melindungi hewan dan lingkungan mereka dan bisa berbicara dengan hewan liar. Ia sangat atletik, tak kenal takut, dia selalu siap apapun situasinya suka mempelajari hal-hal baru. Ia mengambil pendekatan ilmiah untuk pemecahan masalah dan juga menggunakan berbagai gadget dan gizmos berteknologi tinggi untuk menyelamatkan hari. Bersama kakak perempuannya, Alicia, dia menemukan satwa liar.


13. Bayi jaguar

karakter dora the explorer kartun


Bayi Jaguar merupakan hewan paling dekat dengan Diego, Ia adalah seekor Jaguar muda yang berani, dan selalu siap membantu Diego serta sering bergabung dengannya untuk penyelamatan hewan. Kemampuan fisiknya belum cukup sesuai dengan keinginan masa mudanya, sehingga Baby Jaguar terkadang menemukan dirinya dalam situasi genting, terluka, dan menangis. Tapi di balik fisiknya yang tidak ahli, ada seorang petualang yang kuat dengan kepala dingin, dan raungan yang garang.


14 Tuan Tucan

karakter dora the explorer kartun


Tuan Tucan atau Senor Tucán juga merupakan teman baik Dora, Ia adalah seekor burung tukan yang biasa berbicara bahasa Spanyol. Ia berwarna biru, memiliki cakar kuning, leher kuning, paruh oranye dan kuning, mata putih dengan pupil hitam serta sedikit sedikit strip warna merah.


15. Mami dan Papi Márquez

Cole Marquez dan Elena Marquez merupakan ayah dan ibu Dora, mereka muncul di beberapa episode Dora the Explorer. Ibunya adalah seorang tukang roti dan ayahnya Cole sangat baik terhadap istri dan anak-anaknya serta menjadi pelatih dan juru masak yang baik.


16. Guillermo dan Isabella


Guillermo Marquez dan Isabella Márquez merupakan adik kembar Dora, Mereka adalah bayi berusia 1 tahun. 


17. Abuela

karakter dora the explorer kartun


Abuela merupakan nenek dari pihak ayah dari Dora, Guillermo, Isabella, Alicia, Daisy, dan Diego dan juga ibu dari Cole dan Nico dan ibu mertua Elana dan ibu Diego. Ia memiliki rambut abu-abu, memiliki kulit persik, matanya berwarna coklat dengan pupil hitam dan terlihat mengenakan sandal merah muda. Ia dalah seorang nenek yang peduli dan penuh kasih sayang serta sangat pandai membuat kue, terutama kue cokelat. Dia sering memberikan hadiah Dora, saat dia memberinya saku bintang di "Star Catcher".


18. Perrito

karakter dora the explorer kartun


Perrito merupakan hewan peliharaan Dora, Ia adalah anak anjing yang lucu berwarna coklat muda dengan moncong putih dan hidung hitam, serta kalung anjing berwarna ungu. Ia pemberani, suka bermain, dan juga membantu Dora dalam beberapa petualangannya.



Demikian artikel kali ini tentang Daftar Nama Karakter Dora the Explorer Kartun Animasi, sebenarnya masih banyak karakter yang lainnya mungkin dilain kesempatan bisa saya tambahkan, semoga bermanfaat terima kasih.




Share this

Related Posts

close